Tapak Suci Tawuran, Ini Fakta Menarik Yang Harus Anda Ketahui

Tapak Suci Tawuran,  Ini Fakta Menarik Yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Latihan Ragawi Siswa Tapak Suci

Tapak Suci Tawuran???
Ada fakta menarik jika kita perhatikan dari perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Perguruan yang lahir di Yogyakarta pada 31 Juli 1963 ini merupakan salah satu dari 10 perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya induk organisasi perguruan silat Indonesia yang biasa kita kenal dengan akronim IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Perguruan Silat di Indonesia terlebih lagi yang berada di daerah-daerah biasanya akan identik dengan tawuran (pertengkaran) dengan perguruan silat lainnya. Namun tidak dengan perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Tidak percaya? Mari kita buktikan dengan melakukan pencarian informasi memanfaatkan kata kunci di fasilitas mesin pencarian dan youtube.

 

Fasilitas Mesin Pencari Google

Di saat anda mengetikkan kata kunci atau kalimat misalnya dengan “tapak suci tawuran” (tanpa tanda petik) maka akan muncul hasilnya. Dan hasil tersebut sama sekali tidak menggambarkan adanya peristiwa yang dimaksud. Justru hasilnya adalah beberapa link yang menunjukkan ‘sifat kesatria’ atlet Tapak Suci yang bertanding di gelanggang resmi kejuaraan. Atau jika ada hasil lain, maka perguruan Tapak Suci ikut andil dalam mereda atau meminimalisir tawuran antar perguruan dalam bentuk pendirian paguyuban atau sejenisnya dengan fasilitator POLRI. Nah, sekarang anda coba dengan melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama terhadap salah satu perguruan lain yang dikategorikan perguruan besar di Indonesia, kemudian lihat hasilnya. Atau bahkan lakukan pencarian dengan mengetik nama perguruan yang berbasis ormas Islam. Maka akan muncul link-link atau bahkan lengkap dengan video kejadian tawuran perguruan dimaksud.

 

Fasilitas Berbagi Video (Youtube)

Silahkan ketikkan kata yang anda inginkan terkait tawuran Tapak Suci atau perkelahian Tapak Suci atau kata apa saja yang menggambarkan perguruan Tapak Suci terlibat tawuran atau pertengkaran. Maka secara mengejutkan anda tak akan menemukan satu video pun yang menunjukkan kebrutalan atau pun peristiwa perkelahian. Namun yang anda temukan hanya video-video yang menunjukkan bagaimana pesilat Tapak Suci secara elegan bertarung di gelanggang. Adapun jika terjadi di luar gelanggang, itu adalah dalam rangka mempererat persahabatan. Luar Biasa!

 

Meskipun ini adalah salah satu indikator di dunia maya saja, namun ini menjadi indikator kuat bahwa Tapak Suci Putera Muhammadiyah adalah perguruan yang menjunjung tinggi rasa persatuan, rasa guyub dan menjauhi sifat permusuhan.

 

Akhirnya timbul pertanyaan, apakah hal tersebut menunjukkan para pesilat atau pun pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah tidak bernyali untuk duel?

Bukan! Mereka tak takut berduel bahkan satu lawan satu!

Jika kita melihat sejarah panjang perguruan, Tapak Suci Putera Muhammadiyah memiliki ideologi keagamaan (Islam) yang sangat kental.

 

Para pendiri perguruan Tapak Suci sejak mendirikan perguruan tidak pernah meremehkan pentingnya penanaman aqidah yang kuat (aqidah ash-shohihah) sebagai pondasi keberagamaan pada siswa, kader dan pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Warisan inilah yang secara turun temurun dipelihara dan dikembangkan oleh para Pendekar, Kader dan Siswa Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

 

Dalam tiap kenaikan tingkat mulai dari siswa dasar ujian yang diberikan tak semata materi ragawi, namun lebih dari itu materi ruhani siswa dan kader digembleng secara serius. Mereka akan diuji dan dievaluasi aktivitas ibadah mahdlohnya, dievaluasi akhlak kesehariannya kepada orangtua, di sekolah dan di lingkungannya.

 

Dengan modal inilah siswa, kader bahkan pendekar Tapak Suci menjadi semakin matang dalam menyelesaikan masalah, elegan dalam menghadapi masalah dan berprestasi dalam ajang kejuaraan lokal, nasional bahkan dunia.

 

Hendaknya untuk menjaga warisan mulia para pendiri dan sesepuh perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah, jika sampai ada siswa, kader bahkan pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang sudah jauh dari ‘adat’ turun temurun ini, maka kembalilah ke track yang benar dari perguruan ini.

 

Dan perlu menjadi catatan juga bahwa Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah sesuai visinya memurnikan ajaran Islam dari berbagai kesyirikan sehingga banyak mendapat sambutan dari kalangan pesantren. Sebut saja pesantren seperti Pondok Modern Gontor, Darun Najah Jakarta dan ratusan pondok pesantren lainnya yang tersebar di pelosok nusantara menjadikan latihan tapak suci sebagai kegiatan ekstra kurikuler.

Dipost Oleh Super Administrator

Dengan Iman dan Akhlaq Kami Kuat, Tanpa Iman dan Akhlaq Kami Lemah. Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil 'Aliyil Adzim...

Post Terkait

Tinggalkan Komentar