Cara cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan atau cara cek bantuan bpjs dan cara mengecek blt bpjs ketenagakerjaan 2021

Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Cek Penerima BLT BPJS Melalui Smartphone

Di masa pandemi seperti sekarang, keuangan masyarakat menurun secara drastis. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang ditimbulkan selama pandemi. Faktor tersebut seperti lapangan pekerjaan yang semakin menipis, pengurangan karyawan secara besar-besaran, banyak perusahaan yang gulung tikar, hingga berbagai macam faktor lainnya. Maka dari itulah pemerintah gencar memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi ini. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan dana kepada UMKM, fresh graduate yang baru mencari kerja, hingga bantuan BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan BPJS Ketenagakerjaan inilah yang menjadi salah satu bantuan yang paling dinanti masyarakat. Lantas bagaimana cara cek BLT BPJS?

Untuk cara cek bantuan bpjs ketenagakerjaan sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan berbagai gadget mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop Anda. Buka website penyedia layanan bantuan BPJS Ketenagakerjaan ini di kemnaker.go.id. Di website ini Anda bisa login atau daftar akun. Jika sudah mempunyai akun sebelumnya, Anda bisa melakukan login. Jika belum, daftarkan akun Anda dengan menggunakan NIK, nama orangtua kandung, dan nomor telepon. Setelah itu, kode OTP akan dikirimkan ke nomor telepon yang Anda masukan untuk memverifikasi. Jika verifikasi berhasil, berarti akun Anda sudah terdaftar. Anda bisa mulai mengisi data diri berupa biodata yang disediakan dengan lengkap dan benar., 2021

Cara Cek Bantuan BPJS dan Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda sudah mempunyai akun Kemnaker dan mendaftarkan diri Anda, Anda bisa mengecek status penerimaan bantuan Anda. Lantas bagaimana cara cek BLT BPJS ini? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu login akun di website Kemnaker sebelumnya. Setelah itu akan ada notifikasi jika pendaftaran dan penerimaan Anda berhasil. Jika berhasil, Anda akan diarahkan untuk mengaitkan nomor rekening pribadi. Bantuan BPJS Ketenagakerjaan ini sendiri bekerjasama dengan beberapa bank di Indonesia seperti bank BRI, Mandiri, BNI, BTN, BCA, Danamon, hingga CIMB Niaga dan bank Jatim.

Selain bantuan BPJS Ketenagakerjaan ini, ada bantuan lain juga untuk masyarakat. Bantuan tersebut bernama BSU atau Bantuan Subsidi Upah. BSU ini berjumlah 2.4 juta yang diberikan secara berangsur selama 4 bulan. Dengan begitu setiap bulannya penerima bantuan akan menerima Rp. 600.000. Bantuan BSU ini bisa Anda cek di website resminya yaitu bsu.bpjamsostek.id. Cara pendaftarannya kurang lebih sama yaitu dengan menggunakan NIK di KTP, nama orangtua, nomor telepon, dan nomor rekening bank pribadi. Jadi jika Anda merasa berhak dan membutuhkan bantuan dari pemerintah ini, Anda bisa cek daftar nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan ini untuk memastikannya. 

Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Cek Nama Penerima BLT BPJS

Itulah beberapa cara pendaftaran bantuan BPJS Ketenagakerjaan dan cara cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2021 ini. Jika Anda merasa termasuk ke dalam golongan yang berhak menerima bantuan ini, segera daftarkan diri Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan bantuan ini secepatnya. Bantuan dari pemerintah ini bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Bisa untuk modal mencari pekerjaan baru, modal membangun usaha, atau untuk sekedar menutupi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itulah pemerintah memberikan bantuan ini. Selain itu, bantuan ini juga dirancang sedemikian rupa agar mudah dijangkau oleh kalangan masyarakat ke bawah. Jadi pendaftarannya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Untuk pendaftaran BSU sendiri, tata caranya kurang lebih sama dengan pendaftaran bantuan BPJS Ketenagakerjaan. Anda hanya perlu mengunjungi website resminya dan melakukan pendaftaran menggunakan NIK yang ada di KTP, nama orangtua kandung, email, dan nomor telepon terkait. Jika pendaftaran sudah berhasil dilakukan, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu pengumuman penerima bantuan ini. Jika Anda termasuk penerima bantuan, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email maupun SMS. Selanjutnya Anda bisa mengaitkan nomor rekening pribadi untuk mendapatkan dana bantuannya. Anda juga bisa cek saldo bantuan yang sudah masuk melalui SMS. Itulah cara cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda coba di tahun 2021 ini.